PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARA DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KABANJAHE KAB. KARO TAHUN AJARAN 2016/2017

Purba, marno (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJARA DRIBBLING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KABANJAHE KAB. KARO TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM.6123111056 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM.6123111056 COVER.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 6123111056 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 6123111056 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM.6123111056 ABSTARAC.pdf]
Preview
Text
3. NIM.6123111056 ABSTARAC.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM.6123111056 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM.6123111056 PREFACE.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM.6123111056 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM.6123111056 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM.6123111056 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM.6123111056 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM.6123111056 LIST OF FIGURES.pdf]
Preview
Text
7. NIM.6123111056 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM.6123111056 LISTOF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM.6123111056 LISTOF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM.6123111056 CHAPETR I.pdf]
Preview
Text
9. NIM.6123111056 CHAPETR I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM.6123111056 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM.6123111056 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM.6123111056 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM.6123111056 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe Kab. Karo Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 35 siswa, 8 siswa laki-laki dan 27 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses pelaksanaan dribbling bola basket.
Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka berdasarkan hasil data awal pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Kabanjahe. Dari 35 siswa terdapat 28 siswa (80%) yang tidak tuntas dan 7 siswa (20%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 50,47. Hasil dari siklus I terdapat 19 siswa (54%) yang tidak tuntas dan 16 siswa (46%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 63,57. Di siklus II terdapat 5 siswa (14%) yang tidak tuntas dan 30 siswa (86%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,8. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥85%) telah tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan Melalui pendekatan saintifik dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 054
Keywords: Pendidikan Jasmani, hasil Belajar, Bola Basket
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 07:47
Last Modified: 25 Apr 2017 07:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24255

Actions (login required)

View Item
View Item