PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Abadi, M Syah Putra (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA TELADAN INDRAPURA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123342018 COVER.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123342018 PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123342018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123342018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123342018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123342018 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123342018 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123342018 DAFTAR LAMPIRAN1.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123342018 BAB I.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123342018 BAB V1.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123342018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi kelas XI SMK Swasta Satria Teladan Indrapura.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme dibanding hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Konvensional pada siswa Kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun Pembelajaran 2016/2017.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Teladan Indrapura yang berjumlah 60 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI AK-1 yang berjumlah 30 orang pada kelas eksperimen dan kelas XI AK-2 yang berjumlah 30 orang pada kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel total. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik analisis data yang diperoleh terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu dianalisa melalui uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis digunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme adalah nilai rata-rata pre test 45,16 dengan nilai tertinggi 55 dan terendah 25 serta simpangan baku 9,32 dan post test sebesar 71,67 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah 60 serta simpangan baku 9,58 . Sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional adalah nilai rata-rata pre test 43,83dengan nilai tertinggi 55 dan nilai terendah 25 serta simpangan baku 8,27 dan post test sebesar 64,16 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 50 serta simpangan baku 9,19. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,265 > 1,669 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan kata lain hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi pada materi persamaan akuntansi yang diajarkan dengan Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajarkan dengan model pembelajran konvensional pada siswa kelas XI SMK Swasta Teladan Indrapura Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSembiring, Teridah195207231980111001
Call Number: Sk-2017 AKT 016
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Pendekatan Konstruktivisme, Model Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9701 Public accounting. Auditing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 04:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24242

Actions (login required)

View Item View Item