PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA DI SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN T.A 2016/2017

Panjaitan, Timbul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA DI SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 4123111084 - COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1 4123111084 - COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[thumbnail of 2 4123111084 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 4123111084 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 4 4123111084 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
4 4123111084 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 5 4123111084 - KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
5 4123111084 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 6 4123111084 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
6 4123111084 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of 7 4123111084 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7 4123111084 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 8 4123111084 - DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8 4123111084 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9 4123111084 - DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
9 4123111084 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 10 4123111084 - BAB I.pdf]
Preview
Text
10 4123111084 - BAB I.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[thumbnail of 14 4123111084 - BAB V.pdf]
Preview
Text
14 4123111084 - BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 15 4123111084 - DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15 4123111084 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan
berpikir kreatif siswa dan meningkatkan aktivitas siswa serta mendeskripsikan
bagaimana proses penyelesaian soal atau masalah yang berkaitan dengan
kemampuan berpikir kreatif yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan model
pembelajaran quantum learning pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier
dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP HKBP
Pardamean Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian
ini adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas subjek
penelitian dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning pada sub
pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Instrumen dalam penelitian
yang digunakan adalah observasi dan tes.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan.
Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu
untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap
akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan berpikir kreatif.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif
subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel
mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan berpikir kreatif I dan II
terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh
skor rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif 50,60% (rendah) dan mengalami
peningkatan pada TKBK I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 64,26%
(sedang) dan meningkat lagi pada TKBK II dengan capaian skor rata-rata tes
sebesar 76,56% (tinggi). Untuk kemampuan berpikir kreatif per aspek/indikator
secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : (1)
aspek kelancaran (fluency) : persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes
diagnostik 53,71%, pada TKBK I 71,09%, dan pada TKBK II 85,16%; (2) aspek
keaslian (originality), persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik
46,87%, pada TKBK I 50,00%, dan pada TKBK II 68,75%; (3) aspek keluwesan
(flexibility), persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 53,51%,
pada TKBK I 88,28%, dan pada TKBK II 75%; (4) aspek memperinci
(elaboration), persentase nilai rata-rata kemampuan 39,84%, pada TKBK I
47,66%, dan pada TKBK II 71,09%. Begitu juga untuk hasil analisis data aktivitas
siswa mengalami peningkatan dari siklusi I ke silklus II.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran
quantum learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas
subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MAT 054
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Quantum Learning, Persmaan Linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:06
Last Modified: 25 Apr 2017 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item
View Item