PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA DI SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN T.A 2016/2017

Panjaitan, Timbul (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA DI SMP HKBP PARDAMEAN MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 4123111084 - COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 4123111084 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 4123111084 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 4123111084 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 4123111084 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 4123111084 - DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 4123111084 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 4123111084 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 4123111084 - BAB I.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 4123111084 - BAB V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15 4123111084 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dan meningkatkan aktivitas siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal atau masalah yang berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP HKBP Pardamean Medan T.A 2016/2017 yang berjumlah 32 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas subjek penelitian dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan berpikir kreatif. Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan berpikir kreatif I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan berpikir kreatif 50,60% (rendah) dan mengalami peningkatan pada TKBK I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 64,26% (sedang) dan meningkat lagi pada TKBK II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 76,56% (tinggi). Untuk kemampuan berpikir kreatif per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : (1) aspek kelancaran (fluency) : persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 53,71%, pada TKBK I 71,09%, dan pada TKBK II 85,16%; (2) aspek keaslian (originality), persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 46,87%, pada TKBK I 50,00%, dan pada TKBK II 68,75%; (3) aspek keluwesan (flexibility), persentase nilai rata-rata kemampuan pada tes diagnostik 53,51%, pada TKBK I 88,28%, dan pada TKBK II 75%; (4) aspek memperinci (elaboration), persentase nilai rata-rata kemampuan 39,84%, pada TKBK I 47,66%, dan pada TKBK II 71,09%. Begitu juga untuk hasil analisis data aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklusi I ke silklus II. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran quantum learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas subjek penelitian pada sub pokok bahasan sistem persamaan linier dua variabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiregar, Budi Halomoan198112172008121001
Call Number: SK-2017 MAT 054
Keywords: Model Pembelajaran, Quantum Learning, Persmaan Linear
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Apr 2017 03:06
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24230

Actions (login required)

View Item View Item