universita peningkatan teacher sebaiknya menengah problem there terjangkau tinggi suasana matter approache contextual recommanded aspek dijadikan teaching kemandirian should students' terhadap increasing bahwa tidak tesi pemecahan independent bahasa knowledge settlement secara word indicate proces masalah adalah penyelesaian materi applied result lanjutan belum student kemampuan real sendiri untuk improvement detail jawaban given learning medan interaction research ability between aspect siswa program pascasarjana prior regular peneliti hasil hendaknya pelajaran dapat prose presenting dalam mathematic create approach efficacy self other melalui nyata higher environment key sekolah ABSTRACT 2017 usual pembelajaran menyajikan kata studi alternatif mengungkapkan who CTL supplemented disekitar language antara ABSTRAK diterapkan ini mereka lesson idea early alternative biasa bagi matematika give subject menunjukkan satu used expres lain examined diberi reached way further dibandingkan study abilite interaksi meneliti their bervariasi increase own pada varied leraning answer through pendidikan abilitie school kesempatan negeri dan independence memberi than kunci kepada menciptakan pertama dengan showed saran yang difference lebih terperinci solving perbedaan guru penelitian belajar chance mathematical junior each gagasan lainnya terdapat awal cara BUKHORI dilengkapi around not suggestion compared pendekatan lingkungan more material setiap high salah