PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Aldini, (2017) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR GAMBAR KONSTRUKSI BANGUNAN SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM.5121111001 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM.5121111001 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM.5121111001 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM5121111001 PREFACE.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.5121111001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM.5121111001 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM.5121111001 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM.5121111001 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM.5121111001 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM.5121111001 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM.5121111001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran gambar konstruksi bangunan melalui penerapan media audio visual pada siswa kelas XI Program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan semester genap Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 26 orang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur tindakan dikemas ke dalam dua siklus pembelajaran. Dimana siklus pertama mempelajari macam-macam tangga. Dan siklus kedua mempelajari desain perencanaan tangga. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian diambil dari tes hasil belajar siswa dan lembar observasi. Penelitian dikatakan berhasil diukur berdasarkan rata-rata komulatif aktivitas dan hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 75 dan tuntas secara klasikal jika seluruh kelas ≥ 75% siswanya tuntas. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar siswa meningkat, pada siklus I nilai rata-rata komulatif aktivitas siswa siklus I yaitu 75 dengan capaian 26,92% siswa tidak aktif dengan nilai <75 dan 73,08% siswa aktif dengan nilai ≥75. Pada hasil nilai rata-rata aktivitas siswa siklus II yaitu mencapai 85 dengan capaian 100% siswa aktif dengan nilai ≥75. Dan nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa 76,91 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 73,08%, dengan capaian target 26,92% nilai <75 dan 73,08% nilai ≥75. Dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa mencapai 85,08 dengan presentase ketuntasan siswa mencapai 100 % atau 26 siswa dengan keterangan “Tuntas” yang mendapat nilai ≥75. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media audio visual untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Gambar Konstruksi Bangunan Pada Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017 membuktikan peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa. Maka, dari hasil penelitian di atas pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa : 1) penerapan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan dapat diterima, 2) penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar Gambar Konstruksi Bangunan dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSebayang, Nono195712121982031002
Call Number: SK-2017 BAN 030
Keywords: Media audio visual; Aktivitas; Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24174

Actions (login required)

View Item View Item