PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 BALIGE

Tambunan, Jepri (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGHITUNG RENCANA ANGGARAN BIAYA SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 1 BALIGE. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5123111023 COVER.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5123111023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5123111023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5123111023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5123111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5123111023 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5123111023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5123111023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5123111023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5123111023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5123111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Menghitung Rencana Anggaran Biaya pada Indikator Menghitung Volume Pekerjaan Bangunan dan Menghitung Harga Satuan Pekerjaan. Uji coba instrumen penelitian terdiri dari 23 soal pada siklus I dan terdapat 20 soal valid, uji tingkat kesukaran terdapat terdapat 20 soal sedang, uji daya pembeda tes terdapat 12 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,96 (sangat tinggi). Pada siklus II terdapat 23 soal dan diperoleh 19 soal yang valid, uji tingkat kesukaran terdapat 18 soal sedang, dan 1 soal sulit, uji daya pembeda tes terdapat 11 soal baik dan 8 soal baik sekali, uji reliabilitas tes didapat 0,95 (sangat tinggi). Penelitian ini dikatakan berhasil apabila nilai rata-rata hasil belajar siswa memperoleh nilai minimal 80 dan berhasil secara klasikal jika 75% siswa yang tuntas. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa terjadi peningkatan, pada siklus I dengan nilai rata-rata 76,85 dengan persentase ketuntasan 44,44% dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,77 dengan persentase ketuntasan 81,48%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar Menghitung Rencana Anggaran Biaya Siswa Kelas XI Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Balige.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNapitupulu, Efendi196311271987031001
Call Number: SK-2017 BAN 029
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Problem based learning; Rencana anggaran biaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 20 Apr 2017 04:45
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24169

Actions (login required)

View Item View Item