UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017

Panjaitan, Orange Mazmur (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA KELAS X SMK NEGERI 1 BALIGE TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 6123311067 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 6123311067 COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 6123311067 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 6123311067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 6123311067 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 6123311067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 6123311067 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 6123311067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 6123311067 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 6123311067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 6123311067 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 6123311067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 6123311067 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 6123311067 TABLES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 6123311067 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 6123311067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 6123311067 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 6123311067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 6123311067 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 6123311067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 6123311067 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 6123311067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
lompat jauh gaya menggantung melalui gaya mengajar resiprokal pada
kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi pelaksanaan
penelitian ini dilaksanakan di Balige. Untuk memperoleh data dalam
penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar pada lompat jauh gaya
menggantung, lalu setelah itu dilakukan pembelajaran melalui gaya
mengajar resiprokal yang dilakukan Tes Hasil Belajar siklus I dan Tes Hasil
Belajar siklus II yang berbentuk aplikasi teknik dasar lompat jauh. Adapun
masalah yang berkaitan dengan kemampuan siswa yaitu : memperlambat
kecepatan berlari pada saat menolak, pada saat melayang di udara gerakan
menggantungnya sulit dilakukan, pada saat mendarat kaki tidak bersamaan
mendarat.
Setelah data terkumpul akan dilakukan pembelajaran melalui gaya
mengajar resiprokal. (1) dari tes hasil belajar melalui gaya mengajar
resiprokal di siklus I diperoleh 17 siswa (56,67%) yang telah mencapai
tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (43,33%) belum mencapai
tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,37. (2) dari tes hasil
belajar melalui gaya mengajar resiprokal disiklus II diperoleh 26 siswa
(86,67%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (13,33%)
belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata siswa adalah
73,61.
Berdasarkan hasil analisis data terlihat bahwa dalam menggunakan
gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh
gaya menggantung pada kelas X SMK Negeri 1 Balige Tahun ajaran
2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PJKR 046
Keywords: Pendidikan Jasmani, Hasil Belajar, Resiprokal
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc.
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:18
Last Modified: 20 Apr 2017 02:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24139

Actions (login required)

View Item
View Item