PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS NEGERI TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN

Supriatno (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MTS NEGERI TANAH JAWA KABUPATEN SIMALUNGUN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172082 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172082 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172082 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 8136172082 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172082 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. 8136172082 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172082 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. 8136172082 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172082 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 8136172082 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172082 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 8136172082 TABLES.pdf - Published Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172082 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 8136172082 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172082 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. 8136172082 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of 12. 8136172082 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. 8136172082 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172082 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. 8136172082 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D terhadap kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Tanah Jawa Kabupaten Simalungun. Sampel dalam penelitian ini diambil secara purposive sampling. Dari 5 kelas VIII yang ada, dipilih 2 kelas yaitu kelas VIII-1 sebagai kelas eksprimen I mengunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D dan kelas VIII-3 sebagai kelas eksperimen II mengunakan pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software cabri 3D. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) Tes kemampuan awal matematika, (2) Tes kemampuan komunikasi matematik, (3) Angket kemandirian belajar siswa. Instrumen tersebut telah memenuhi persyaratan validasi isi, dengan koefisien realibilitas sebesar 0,777 ; 0,752 dan 0,888 berturut-turut untuk tes kemampuan awal matematika siswa, kemampuan komunikasi matematika siswa dan kemandirian belajar siswa. Analisis data yang digunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur, dan dilanjutkan dengan menentukan koefisien determinasi besar pengaruhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D lebih tinggi (31,84) dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software cabri 3D. (2) Kemandirian belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D lebih tinggi (11,06) dari pada siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software cabri 3D. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D dan pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software cabri 3D dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D dan pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan software cabri 3D dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan kepada guru matematika untuk menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan software cabri 3D sebagai salah satu alternative pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematik dan kemandirian belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Sup p
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Software cabri 3D; Kemampuan komunikasi matematik; Kemandirian belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 04:17
Last Modified: 19 Apr 2017 04:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24116

Actions (login required)

View Item
View Item