KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI CERPEN “BANGKIT’ KARYA ALFRED PANDIE OLEH SISWA KELAS IX SMP N 1 TIGALINGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Kaloko., Lili Apriyani (2017) KEMAMPUAN MENULIS KEMBALI ISI CERPEN “BANGKIT’ KARYA ALFRED PANDIE OLEH SISWA KELAS IX SMP N 1 TIGALINGGA TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 Nim 2123111046 Cover.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Nim 2123111046 Approval Sheet.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Nim 2123111046 Abstract.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 Nim 2123111046 Acknowledment.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 Nim 2123111046 Table of Content.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 Nim 2123111046 Table.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Nim 2123111046 Appendices.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 Nim 2123111046 Chapter I.pdf - Published Version

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 Nim 2123111046 Chapter V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 Nim 2123111046 References.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kemampuan menulis kembali isi cerpen “Bangkit” karya Alfred Pandie oleh siswa kelas IX SMP N 1 Tigalingga Tahun Pembelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX.3 SMP N 1 Tigalingga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Instrumen penelitiannya adalah tes. Tes yang digunakan adalah tes berbentuk objektif dengan beserta jawaban. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data kuantitatif. Setelah data diperoleh, penganalisisan data dilakukan dengan membuat tabulasi skor data, mencari macam setiap aspek, dan mendistribusikan persentase setiap aspek. Berdasarkan hasil temuan yang diperoleh dari penelitian maka dapat dibuat simpulan Kemampuan siswa menulis kesesuaian isi cerpen dengan teks asli dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 81,06, Kemampuan menulis kelengkapan unsur- unsure intrinsik cerpen (tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat) dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata 84,09, Kemampuan menulis kesesuaian unit peristiwa dan pokok-pokok peristiwa dengan cerpen yang ditulis ulang dikategorikan baik dengan nilai rata-rata 75, Kemampuan menulis keseluruhan penggunaan diksi (pilihan kata) dikategorikan kurang dengan nilai rata-rata 58,33.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimaremare, Rumasi195603151984032006
Call Number: SK-2017 IND 030
Keywords: Kemampuan, Menulis, cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR750 Prose > PR821 Prose fiction. The novel
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Apr 2017 04:11
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24113

Actions (login required)

View Item View Item