dosen learned nilai universita peningkatan insight keterampilan average teacher sample very kecakapan pemilihan IPA there mengandung into seven outcome merangsang aspek dibelajarkan education kurikulum systematic coverage state show wulandari deskriptif purposive senior terhadap bahwa teknik feasible tidak tesi penuntun bahasa SHS borg value contain 005 adapun lembar adalah 2013 result descriptive student pengembangan untuk need analysi learning medan research berturut aspect siswa uji program MA pascasarjana curriculum diambil layak artinya development hubungan doe including hasil rata manual design dalam studie produktifita using gall grade diperoleh character sampel melalui university desain sekolah ABSTRACT 2017 memperoleh sheet kata guide studi cakupan SMA digunakan 1st chemistry kela berbasi simple mengembangkan berbeda language graduate antara ABSTRAK kelayakan ini analisi questionnaire equal mengetahui life kimia dikembangkan menunjukkan used praktikum coba sistematika model different study observation ptaktikum test lecturer validator revision sesuai termasuk wawasan improved pada eligibility revisi sampling collect through hidup thesi based developed lestari pendidikan school negeri dan successively chemical determine kunci sangat presentation keingintahuan dengan data perlu orang menggunakan quantitative showed yang difference modified skill turut penggunaan productivity perbedaan guru practicum penelitian three sebagai belajar develop use stimulate kuantitatif XI observasi dari karakter technique terdapat penyajian aim postgraduate bertujuan ahli publisher mean telah semester not curiosity relationship selection dimodifikasi laboratory penerbit sebesar berdasarkan high te