DEVELOPMENT OF INNOVATIVE STUDENT’S WORKSHEET IN LEARNING REDOX AND ELECTROCHEMISTRY TOPIC TO AVOID THE STUDENT’S MISCONCEPTIONS

Lubis, Ervi Luthfi Sheila Wanni (2017) DEVELOPMENT OF INNOVATIVE STUDENT’S WORKSHEET IN LEARNING REDOX AND ELECTROCHEMISTRY TOPIC TO AVOID THE STUDENT’S MISCONCEPTIONS. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 8156141005 COVER.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 8156141005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 8156141005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 8156141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156141005 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156141005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156141005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156141005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156141005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa pada topik redoks dan elektrokimia, untuk mengetahui sumber yang mempengaruhi miskonsepsi dan untuk menghindari miskonsepsi menggunakan lembar kerja mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 93 mahasiwa yang telah mengikuti matakuliah kimia umum II di jurusan kimia Universitas Negeri Medan. Instrumen penelitian ini terdiri dari tes diagnostik Three tier question untuk mengetahui miskonsepsi mahasiswa, lembar wawancara untuk mengetahui sumber miskonsepsi dan lembar kerja untuk menghindari miskonsepsi. Semua instrumen penelitian sudah divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat 56.6% mahasiswa mengalami miskonsepsi pada topik redoks dan elektrokimia. Miskonsepsi tertinggi pada sub topik perbedaan redoks dan bukan redoks, diagram sel Deskripsi reduksi dan oksidasi, Perkaratan logam, Penyetaraan reaksi redoks, potensial sel dan persamaan Nernst, Konsep elektrolisis sel dan massa senyawa/hukum Faraday (2) Terdapat 3 sumber yang mempengaruhi miskonsepsi pada mahasiswa yaitu mahasiswa , internet dan teman (3) Efektifitas lembar kerja inovatif dalam menurunkan tingkat miskonsepsi adalah sebesar 61%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMuchtar, Zainuddin196703171992031004
Thesis advisorYusuf, Muhammad198304112008011005
Call Number: 541.370 71 Lub d
Keywords: Miskonsepsi; Lembar kerja; Three tier questions; Redox; Electrochemistry
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LH College and school magazines and papers
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 04:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24111

Actions (login required)

View Item View Item