PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Hutagalung, Bill Sandy (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK UNTUK SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113131009 COVER.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113131009 APPROVAL SHEEET.pdf - Published Version

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113131009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113131009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113131009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113131009 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113131009 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113131009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 5113131009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113131009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran instalasi motor listrik berupa website e-learning yang menggunakan blog standar kompetensi pengontrolan motor 3 phasa dan komponen-komponen nya serta menentukan ukuran nya dan mengetahui kualitas dari website pembelajaran instalasi motor listrik tersebut yang diikuti dengan langkah-langkah pengembangan yang harus diikuti agar menghasilkan produk yang berkualitas berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi dan siswa agar indikator keberhasilan tercapai. Penelitian ini mengacu pada model Research and Development (R&D) namun model pengembangan media nya mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implemantion, Evaluation). Dengan rincian : (1) Analysis (meliputi: studi pendahuluan, analisis kebutuhan), (2) Design (meliputi: pembuatan garis-garis besar isi website, penyusunan kerangka website, (3) Development (meliputi: pembuatan media dengan menggunakan macromedia flash 8, penyajian media, pengujian oleh ahli media dan ahli materi), (4) Implementation (meliputi: uji kelas kecil di sekolah) dan (5) Evaluation (meliputi: indikator keberhasilan media, yang mengevaluasi setiap tahapan pengembangan). Produk Media pembelajaran yang telah dikembangkan mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor keidealan 4,19 dari skor maksimal 5. Dengan ini website ini layak dipergunakan khususnya untuk mata pelajaran instalasi motor listrik sehingga pembelajaran tersebut efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBaharuddin, 196612311992031020
Call Number: SK-2017 ELEK 020
Keywords: Media pembelajaran; E-learning; Blog; Website; Instalasi motor listrik; ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics > TK7885 Computer engineering. Computer hardware TK8300-8360 Photoelectronic devices (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 03:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24099

Actions (login required)

View Item View Item