PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR DASAR KELAS X SMK IMMANUEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Simatupang, Mikhael (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR DASAR KELAS X SMK IMMANUEL MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01. NIM. 5123121017  COVER.pdf]
Preview
Text
01. NIM. 5123121017 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 02. NIM. 5123121017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
02. NIM. 5123121017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of 03. NIM. 5123121017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
03. NIM. 5123121017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 04. NIM.5123121017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
04. NIM.5123121017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 05. NIM. 5123121017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
05. NIM. 5123121017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 06. NIM. 5123121017 TABLES.pdf]
Preview
Text
06. NIM. 5123121017 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 07. NIM 5123121017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
07. NIM 5123121017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 08. NIM 5123121017 CHAPTHER I.pdf]
Preview
Text
08. NIM 5123121017 CHAPTHER I.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 5123121017 CHAPTHER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 5123121017 CHAPTHER V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123121017 BIBLIOGRAHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123121017 BIBLIOGRAHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mpdel pembelajaran koopratif tipe jigsaw terhadap hasil belajar penggunaan alat ukur dasar pada kelas x di SMK Immanuel Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 50 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Jigasw dan kelas X TKR 2 sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan menggunakan model Konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah tes pilihan berganda dengan jumlah soal 30. Dari hasil penelitian data pre test dengan rata rata kelas ekperimen 36,36 dan kontrol 36,52 dan hasil post test kelas eksperimen diperoleh rata – rata nilai postest sebesar 82 dan standar deviasi 10,97 sedangkan nilai rata – rata postest kelas kontrol sebesar 72,8 dengan standar deviasi 9,85. Pada pengujian normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa data pre dan pos test berdistribusi normal dan variannya homogen. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas diperoleh t_hitung sebesar 4,4145 dan t_tabel sebesar 1,676. karena t_hitung > t_tabel atau 4,4145 > 1,676 Ha diterima. Jadi berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil penggunaan alat ukur yang diajarkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas X SMK Immanuel Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 MES 041
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jigsaw; Pembelajaran konvensional; Hasil belajar penggunaan alat ukur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:43
Last Modified: 19 Apr 2017 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24088

Actions (login required)

View Item
View Item