PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN

Damanik, Nanda Putri Hamid (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE PADA MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123144025 - COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123144025 - COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123144025 - APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123144025 - APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 5123144025 - ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 5123144025 - ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 5123144025 - PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 5123144025 - PREFACE.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123144025 - TABLE OF CONTAINT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123144025 - TABLE OF CONTAINT.pdf - Published Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123144025 - ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123144025 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123144025 - TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123144025 - TABLE.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123144025 - CHART.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123144025 - CHART.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123144025 - APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123144025 - APPENDICES.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 123144025 - CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 123144025 - CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123144025 - CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123144025 - CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 5123144025 - BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 5123144025 - BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire pada mata pelajaran dasar kecantikan kulit; 2) untuk mengetahui efektifitas pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire pada mata pelajaran dasar kecantikan kulit; dan 3) untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif lectora inspire. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah mata pelajaran Dasar Kecantikan Kulit kompetensi Rias Wajah Sehari-hari yang di desain menggunakan aplikasi multimedia interaktif Lectora Inspire. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tata kecantikan kulit yang berjumlah 30 orang di SMK Negeri 1 Beringin. Media pembelajaran interaktif Lectora Inspire meliputi tujuh tahapan, yakni : yakni : 1) Melakukan Analisis Kebutuhan Media, 2) Mengembangkan Produk Awal, 3) Validasi Ahli Dan Revisi, 4) Uji Coba Kelompok Kecil, 5) Uji Coba Kelompok Sedang 6) Uji Coba Kelompok Besar,7) Produk Akhir. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, Uji coba kelompok kecil berjumlah 5 orang siswa, uji coba kelompok sedang berjumlah 15 orang siswa, uji coba kelompok besar berjumlah 30 orang siswa, uji efektifitas guru dan siswa, lalu terakhir angket motivasi belajar siswa untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah diberikannya media interaktif Lectora Inspire. Data tentang kualitas produk pengembangan dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) ahli materi dasar kecantikan kulit berada pada kualifikasi sangat baik (90,5%,), (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi baik (86,8%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sedang (67,7%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (84,2%),(5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,1%), (6) uji efektifitas siswa berada pada kualifikasi sangat baik (88,7%), (7) uji efektifitas guru berada pada kualifikasi sangat baik (95%.), (8) motivasi belajar siswa berada pada kualifikasi sangat baik (90,7%) ini membuktikan tingkat keefektifitan media pembelajaran interaktif menggunakan Lectora Inspire yang dikembangkan sangat baik untuk mata pelajaran dasar kecantikan kulit kompetensi rias wajah sehari-hari dan dapat mendorong atupun meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 041
Keywords: Pengembangan media interaktif; Lectora inspire
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:33
Last Modified: 19 Apr 2017 02:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24083

Actions (login required)

View Item
View Item