PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN

Tarigan, Elsa F (2017) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI CAMTASIA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR KECANTIKAN KULIT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 8 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5123144010 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5123144010 COVER.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5123144010 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5123144010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5123144010 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5123144010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5123144010 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5123144010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5123144010 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5123144010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5123144010 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5123144010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5123144010 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5123144010 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5123144010 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5123144010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5123144010 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5123144010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5123144010 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5123144010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5123144010 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5123144010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar rias wajah sehari-hari menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasiapada siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan, (2) Untuk mengetahui hasil rias wajah sehari-hari tanpa menggunakan media pembelajaran (konvensional) di kelas X SMK Negeri 8 Medan., (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia terhadap hasil belajar rias wajah sehari- hari siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan 2 kelas sebagai sampel penelitian. Kelas eksperimen menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes untuk melihat hasil belajar rias wajah sehari-hari siswa.
Analisis data yang digunakan adalah uji parametric yaitu uji t dengan persyaratan analisis uji normalitas dengan ujichi kuadrat dan uji homogenitas dengan uji F. Uji normalitas postes eksperimen diperoleh 〖x^2〗_hitung=2,5044. Uji normalitas postes kontrol diperoleh 〖x^2〗_hitung=0,2359. Dari tabel diperoleh 〖x^2〗_tabel=11,1 dengan dk = 5 dan α=0,05. Karena 〖x^2〗_hitung<〖x^2〗_tabel maka semua kelompok data berdistribusi normal. Dari uji homogenitas pretes diperoleh F_hitung=1,05. Uji homogenitas postes diperoleh F_hitung=1,03. Karena F_hitung<F_tabel maka varians data pretes dan data postes adalah homogen. Hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi rias wajah sehari-hari yang diajar dengan menerapkan media berbasis aplikasi camtasia berada pada kategori baik. Hasil belajar siswa kelas X Tata Kecantikan SMK Negeri 8 Medan pada materi rias wajah sehari-hari yang diajar dengan model pembelajaran konvensional berada pada kategori cukup. Terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis aplikasi camtasia terhadap hasil belajar rias wajah sehari- hari siswa kelas X Tata kecantikan SMK Negeri 8 Medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji statistic yaitu diperoleh t_hitung=4,98 dan t_tabel=2,00 dengan α = 0,05 dan dk = 62 sehingga t_hitung>t_tabel

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 RIAS 046
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Aplikasi camtasia; Hasil belajar; Mata pelajaran dasar; Kecantikan kulit
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts > TT950 Hairdressing. Beauty culture. Barbers' work
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Rias
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 19 Apr 2017 02:09
Last Modified: 19 Apr 2017 02:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24077

Actions (login required)

View Item
View Item