PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017

Andiana, Sri (2017) PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SALSA PERCUT SEI TUAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 01 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 02 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 03 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 04 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 05 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 06 TABLES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 07 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 08 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 09 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 13 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
NIM 1133113028 SRI ANDIANA - 14 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pengaruh metode outdoor learning terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK SALSA percut sei tuan. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan motivasi belajar anak menggunakan metode outdoor learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul dilapangan mengenai rendahnya motivasi belajar anak dan kurangnya pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai media dan sumber belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain post-test only control desaign. Variabel bebas adalah metode outdoor learning sedangkan variabel terikat adalah motivasi belajar. Instrument pengumpulan data adalah pedoman observasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif dan uji hipotesis dengan uji-t, yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf α= 0,05. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai pada kelas eksperimen 50,03 dengan nilai tertinggi 58 dan nilai terendah 35. Nilai rata-rata pada kelas kontrol 38,10 dengan nilai tertinggi 48 dan nilai terendah 25. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode outdoor learning terhadap motivasi belajar anak dan dari hasil uji-t di peroleh thitung > ttabel yaitu 11,07 > 1,693 pada taraf α= 0,05. Dengan hasil uji-t tersebut dapat dinyatakan bahwa penggunaan metode outdoor learning memiliki pengaruh yang lebih baik terhadap motivasi belajar anak dibandingkan metode indoor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: SK-2017 PAUD 007
Keywords: Motivasi belajar; Metode outdoor learning; Optimalisasi perkembangan anak; Mengajar di luar kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 07:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24049

Actions (login required)

View Item View Item