MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS IV SD NEGERI 066431 MEDAN T.A 2016/2017

Sari, Nisa Kumala (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI KELAS IV SD NEGERI 066431 MEDAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133111052_COVER.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133111052_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133111052_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133111052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133111052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133111052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133111052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133111052_BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 1133111052_BAB V.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 1133111052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas IV SD Negeri 066431 Medan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran problem posing di SD Negeri 066431 Medan pada tahun ajaran 2016/2017. Pada test awal sebelum diberikan tindakan dari jumlah siswa sebanyak 30 orang diperoleh siswa yang tuntas belajar sebanyak 7 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 23,33% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 23 siswa dengan persentase 76,67% dan nilai rata – rata klasikal 50,83. Pada tindakan siklus I dengan menggunakan model pembelajaran problem posing diperoleh jumlah yang tuntas belajar sebanyak 19 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 63,33% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 11 siswa dengan persentase sebesar 36,67% dan nilai rata – rata klasikal 63,67. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik dari segi nilai rata – rata, jumlah siswa yang tuntas maupun dari persentase ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan signifikan hasil belajar meningkat diperoleh jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 26 siswa dengan persentase ketuntasan hasil belajar 86,67% dan siswa yang belum tuntas belajar sebanyak 4 siswa dengan persentase 13,33% dan nilai rata – rata klasikal yaitu 75,5. Dari perolehan tes hasil belajar pada siklus II ternyata persentase ketuntasan belajar siswa sudah memenuhi target seperti yang ditetapkan dengan persentase ketuntasan belajar ideal 75 % dari siswa yang telah mencapai nilai KKM 65. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SD Negeri SD Negeri 066431 T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK-2017 PGSD 054
Keywords: Hasil belajar matematika; Model pembelajaran problem posing
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Apr 2017 03:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24036

Actions (login required)

View Item View Item