MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DALAM PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107405 SEI ROTAN T.A 2016/2017

Anngraini, Andry (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING DALAM PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 107405 SEI ROTAN T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 113311021 COVER.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 113311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 113311021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 113311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 113311021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 113311021 TABLES.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 113311021 GRAPHIC.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 113311021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 113311021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 113311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 113311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 113311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model Mind Mapping ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok Sifat-sifat cahaya pada siswa di kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan T.A 2016/2017?”. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan T.A 2016/2017, yang berjumlah 40 orang siswa. penentuan subjek berdasarkan hasil observasi dan angket yang dilakukan peneliti terhadap guru kelas V. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan yang masing-masing pertemuan 35 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen penilaian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil observasi dan angket yang diberikan pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan dari 40 siswa hasil penyebaran angket motivasi belajar siswa pada kondisi awal 4 orang siswa memperoleh kriteria Tinggi dengan persentase (10%), 6 orang siswa memperoleh kriteria Cukup dengan persentase (15%), dan 30 orang siswa memperoleh kriteria Kurang dengan persentase (75%), sedangkan pada kondisi akhir 34 orang siswa (85%) memperoleh kriteria Tinggi dan Termotivasi dalam belajar IPA materi pokok Sifat-sifat cahaya, dan 6 orang siswa (15%) Tidak Termotivasi pada pelajaran IPA dengan kriteria Cukup, dan tidak ada siswa yang memperoleh kriteria Kurang. Dan hasil penelitian kemampuan guru mengajar dengan menggunakan model Mind Mapping di setiap pertemuan semakin meningkat dari skor 54 dengan persentase 46,55% pada pertemuan 1 siklus I menjadi 114 dengan persentase 98,3% pada pertemuan 2 siklus II. Dari hasil data yang diperoleh dari 34 orang siswa dapat dilihat bahwa setelah dilakukan tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa, ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi pokok Sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 107405 Sei Rotan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: SK-2017 PGSD 028
Keywords: Motivasi, Model pembelajaran, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 04:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24023

Actions (login required)

View Item View Item