PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Syuhada, Achmad (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SISWA KELAS X TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK (TIPTL) DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 5113131002 COVER.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 5113131002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 5113131002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 5113131002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 5113131002 TABLE OF CONTENT .pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 5113131002 TABLES.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 5113131002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 5113131002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 5113131002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 5113131002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 5113131002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Dasar Dan Pengukuran Listrik yang diajar dengan menggunakan strategi Pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2016/2017. Strategi Pembelajaran yang digunakan adalah Problem Based Learning (PBL) yang mana dalam pelaksanaan diadakan perlakuan kepada kelompok-kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan yang mengikuti mata pelajaran yang terdiri dari 2 kelas. Kelas X TIPTL1 diajar dengan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) (kelas eksperimen) dan X TIPTL2 diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori (kelas kontrol). Jumlah sampel tiap kelas sebanyak 27 dan 30 siswa, jadi jumlah sampel seluruhnya sebanyak 57 siswa. Perlakuan dilakukan selama 3 minggu atau sebanyak 3 kali pertemuan tatap muka untuk masing-masing kelas.Perlakukan yang diberikan berdasarkan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disiapkan oleh peneliti. Pada akhir pertemuan, kedua kelas penelitian diberi Posttes untuk melihat hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes inilah dapat diketahui sejauh mana pengaruh yang terjadi pada siswa. Dari hasil analisis data dengan tingkat penerimaan pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik yaitu 24,03 dari hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori yaitu 20,96, dimana thitung > ttabel, yaitu 3,5287 > 1,67425. Dari perhitungan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,19<1,93) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Dengan kata lain Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBintang, Salman196806151993031001
Call Number: SK-2017 ELEK 015
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Problem based learning (PBL); Strategi pembelajaran ekspositori
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24014

Actions (login required)

View Item View Item