MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COPERATIVE TIPE TIME TOKEN PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG

Simanullang, Mery (2017) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COPERATIVE TIPE TIME TOKEN PADA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101771 TEMBUNG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1133111043_COVER.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1133111043_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1133111043_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1133111043_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1133111043_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1133111043_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1133111043_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1133111043_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1133111043_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1133111043_BAB I.pdf - Published Version

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1133111043_BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1133111043_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan II dimana pada tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa/i IVB SD Negeri 101771 Tembung sebanyak 25 orang dengan jumlah laki – laki 14 orang dan 11 orang perempuan . Objek penelitian ini adalah penggunaan Model pembelajaran Cooperative Tipe Time Token.. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi yakni untuk guru dan siswa, angket dan juga dokumentasi. Pada awal penelitian dilakukan penyebaran Angket Rata-rata angket motivasi belajar pada Pra Siklus sebesar 49,68% dengan kriteria motivasi rendah. Hanya 1 orang atau 4% dari 25 orang yang termotivasi dan 24 orang atau 96% tidak termotivasi. Pada siklus I persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 60,68% dengan kriteria motivasi sedang dan pada Siklus II persentase rata-rata angket motivasi belajar adalah 85,23% dengan kriteria motivasi sangat tinggi. Observasi siswa pada Siklus I Pertemuan 1 motivasi belajar siswa rendah dengan rata-rata 58,49%, Siklus I Pertemuan 2 motivasi belajar siswa sedang dengan ratarata 61,49%, Siklus II Pertemuan 1 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 75,37% dan Siklus II Pretemuan 2 motivasi belajar siswa tinggi dengan rata-rata 85,23%. Hasil observasi kegiatan peneliti yang dilakukan oleh Wali Kelas IVB pada siklus I pertemuan 1 menghasilkan rata-rata 61,60 (Baik), Pada Siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 71,42 (Baik), Pada siklus II Pertemuan 1 meningkat menjadi 91,96 (Sangat Baik) dan pada siklus II pertemuan 2 meningkat menjadi 93,75 (Sangat Baik). Dari kegiatan pembelajaran dan analisis data penelitian yang diperoleh peneliti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model pembelajaran Cooperative tipe Time Token dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada Pelajaran IPS Materi Pokok Koperasi di kelas IVB SD Negeri 101771 Tembung T.A 2016 / 2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSihotang, Risma195901021983031001
Call Number: SK-2017 PGSD 051
Keywords: Motivasi, model Pembelajran, IPS
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24007

Actions (login required)

View Item View Item