PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Dewi, Elvina Rahmi (2017) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINKTALK- WRITE (TTW) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 101801 KEDAI DURIAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1132111003_COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1132111003_PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (595kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1132111003_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1132111003_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1132111003_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1132111003_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1132111003_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1132111003_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1132111003_BAB I.pdf - Published Version

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1132111003_BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1132111003_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh stategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran 2016/2017. Pengaruh dari strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika adalah mempengaruhi kerjasama antarsiswa, menumbuh kembangkan kemampuan pemahaman komunikasi siswa terhadapa materi pelajaran, siswa semakin berminat untuk belajar matematika. Jenis penelitian berupa eksperimen dengan desainnya berupa eksperimen Pretest-Postest Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas IV yang ada di SD Negeri 101801 yang berjumlah 66 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas, kelas IV-A berjumlah 31 siswa dan kelas IV-B berjumlah 35 siswa. Teknik instrument tes melalui tes dan observasi. Uji instrument tes menggunakan uji validitas dengan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha. Analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus uji liliefors, uji homogenitas dengan rumus uji F, dan uji hipotesis dengan rumus uji-t. Uji instrument tes sebanyak 20 soal valid. Pada uji reabilitas reabilitas tes tergolong rendah 0,31. Analisis data tes akhir diperoleh hasil rata-rata dari kelas eksperimen 80,8 (baik) dengan standar deviasi 5,50 sedangkan kelas kontrol diperoleh 69,3 (cukup) dengan standar deviasi 5,83. Pada uji normalitas di kelas eksperimen nilai L0 (0,0007) < nilai Ltabel (0,1563) sedangkan kelas kontrol diperoleh nilai L0 (-0,1662) < nilai Ltabel (0,1497) dimana kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas nilai Fhitung = 1,1226 < 1,89 (homogen). Uji hipotesis didapat thitung (8,16) > ttabel (1,99) dengan taraf signifikan α=0,05. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write terhadap hasil belajar siswa pada soal cerita matematika di kelas IV SD Negeri 101801 Kedai Durian Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasrun, 195705141984031001
Call Number: SK-2017 PGSD 044
Keywords: Hasil belajar, Pembelajaran Kooperatif, TTW
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Apr 2017 03:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/24003

Actions (login required)

View Item View Item