HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN

Tanjung, Sri Wahyuni Sumantri (2008) HUBUNGAN MOTIVASI KERJA DAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DENGAN KEPUASAN KERJA GURU SMA MUHAMMADIYAH KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 061188110009 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 061188110009 Abstrak.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 061188110009 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 061188110009 Bab I.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 061188110009 Bab V.pdf - Published Version

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 061188110009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peranan kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana pendidikan sekaligus merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan itu sendiri. Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatannya sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi menyebabkan kepala sekolah harus mampu menumbuh-kembangkan kreasi dan kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan keberhasilan tersebut dalam penelitian ini adalah motivasi kerja dan kemampuan manajerial kepala sekolah serta hubungannya dengan kepuasan kerja guru di SMA Muhammadiyah Kota Medan secara bersama-sama. Populasi dan sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di 3 SMA Muhammadiyah Kota Medan berjumlah 60 orang. Instrumen pengumpulan data adalah dengan menggunakan angket untuk variabel kepuasan kerja guru dengan koefisien reliabiltas r11 = 0,871, variabel motivasi kerja kepala sekolah dengan koefisien reliabiltas rll = 0,803, dan kemampuan manajerial kepala sekolah dengan koefisien reliabilitas rll = 0,807. Data dianalisis menggunakan regresi sederhana, regresi dan korelasi ganda, serta korelasi parsial. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan (1). terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi kerja kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,743 dan r2 = 0,552 pada taraf kepercayaan α = 0,05, (2). terdapat hubungan positif dan signifikan kemampuan manajerial kepala sekolah dengan kepuasan kerja guru ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar r = 0,673 dan r2 = 0,453 pada taraf kepercayaan α = 0,05,. (3) terdapat hubungan positif signifikan motivasi kerja dan kemampuan manajerial kepala sekolah secara bersama-sama dengan kepuasan kerja guru dengan koefesien korelasi r = 0,777 dan r2 = 0,604 serta F hitung sebesar 43,428. pada taraf kepercayaan α = 0,05.Berdasarkan hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa penelitian ini membahas tentang peranan kepala sekolah dan guru sebagai pelaksana pendidikan sekaligus merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan itu sendiri. Dalam pelaksanaan tugas dan kegiatannya sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi menyebabkan kepala sekolah harus mampu menumbuh-kembangkan kreasi dan kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan keberhasilan tersebut dalam penelitian ini adalah motivasi kerja dan kemampuan manajerial kepala sekolah serta hubungannya dengan kepuasan kerja guru di SMA Muhammadiyah Kota Medan secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorEffendi, Rustam AmirUNSPECIFIED
Thesis advisorSaragih, Amrin195501131982031002
Call Number: 373.068 Tan h
Keywords: Kepala sekolah; Motivasi kerja; Kepuasan kerja guru; Kemampuan manajerial
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/2399

Actions (login required)

View Item View Item