PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF (EDUCATION GAMES) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI 023971 BINJAI BARAT TAHUN AJARAN 2016/2017

Sembiring, Jheta Pratiwi Ekasari (2017) PENGARUH PERMAINAN EDUKATIF (EDUCATION GAMES) TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS V SD NEGERI 023971 BINJAI BARAT TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 1132111031 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1132111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1132111031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1132111031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1132111031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1132111031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1132111031 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1132111031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1132111031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1132111031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1132111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan edukatif (education games) terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 023971 Binjai Barat tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan menggunakan dua kelas dengan satu kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas control dengan jumlah sampel masing-masing kelas yaitu 36 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan 8 kali pertemuan, 1 pertemuan untuk pemberian pretest, 6 pertemuan untuk pemberian treatment, dan 1 pertemuan akhir untuk pemberian posttest. Variabel bebas adalah permainan edukatif sedangkan variabel terikat adalah kosakata bahasa Inggris. Instrumen pengumpulan data yaitu pedoman observasi. Analisa data menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa yang signifikan pada kegiatan belajar dengan menggunakan permainan edukatif berupa kartu gambar dan kartu kosakata. Adapun hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 dengan kriteria pengujian uji pihak kanan dimana harga thitung> ttabel atau 18,888> 1,666 dengan dk = (n1 + n2 – 2), maka dapat dinyatakan H0 ditolak dan Haditerima. Yang berarti bahwa terdapat pengaruh permainan edukatif (education games) terhadap kosakata bahasa Inggris siswa kelas V SD Negeri 023971 Binjai Barat tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh signifikan yang diperoleh terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa dengan menggunakan permainan edukatif (education games). Disarankan kepada para guru sebaiknya menggunakan permainan edukatif (education games) dalam pembelajaran bahasa Inggris guna untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSitompul, Rahim195406021979031002
Call Number: SK-2017 PGSD 083
Keywords: Permainan Educatif, Kposakata, bahasa Inggris
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P325 Semantics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23976

Actions (login required)

View Item View Item