classe private much average teacher sample there tinggi sedangkan approache outcome contextual teaching bentuk seluruh elementary instrumen terhadap teknik taught angket toward secara swasta motivation terdiri adalah applied result keyword student untuk against analysi learning interaction anak research between siswa meningkatkan mengambil all populasi IV tahun lismawati hasil rata studying taking children skor sakti dapat tri memiliki dalam studie academic using multiple approach grade diperoleh diharapkan sampel factorial fourth higher ANOVA sekolah ABSTRACT 2017 semu pembelajaran IPS itu kata enhanced choice digunakan dasar kela who faktorial CTL selain antara dikela pilihan ABSTRAK diterapkan ini berganda analisi expected consisting questionnaire expository experimental cluster bagi form mengetahui ditentukan used pengaruh ada genap ANAVA model ditingkatkan addition lubuk study number pernyataan randomly ekspositori influence interaksi population test acak lubukpakam score question pada marbun improving soal sampling clas diajarkan ha random low dua while assigned school sebanyak dan ajaran than determine susilawati kunci statement dengan data perlu menggunakan pakam showed yang difference instrument lebih SD perbedaan social guru 8156182030 penelitian quasi three belajar 2016 two each NIM dari learn tiap aim bertujuan mean puspita semester metode motivasi pendekatan rendah eksperimen method more year jumlah berdasarkan high te