MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017

Lubis, Arisa Damayanti Pransiska (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB DI KELAS V SDN 101766 BANDAR SETIA T.A 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1133111008_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1133111008_COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1133111008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1133111008_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (350kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1133111008_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1133111008_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1133111008_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1133111008_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1133111008_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1133111008_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1133111008_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1133111008_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1133111008_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1133111008_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1133111008_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1133111008_BAB I.pdf - Published Version

Download (406kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1133111008_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1133111008_BAB V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1133111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1133111008_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Round Cub pada mata pelajaran IPS materi Perjuangan Melawan Penjajah bagi siswa di kelas V SDN 101766 Bandar Setia.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti melakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pretest dari 30 siswa diperoleh tingkat ketuntasan sebanyak 5 siswa (16,67%) dengan rata – rata nilai 50,33 dansebanyak 25 siswa (83,33%) belum tuntas. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (63,33%) mendapat nilai tuntas dengan rata – rata nilai 69,83, dan sebanyak 11 siswa (36,67) belum mendapat nilai tuntas. Pada siklus II diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 26 siswa (86,67%) dengan rata – rata nilai 80,16 dan sebanyak 4 siswa (13,33%) belum tuntas. Hasil observasi guru mengajar juga mengalami peningkatan, saat siklus I hanya 63,89% (cukup) dan mengalami peningkatan sebesar 26,38% pada saat siklus II menjadi 90,27%. Demikian juga hasil observasi siswa dari aspek kognitif dan afektif pada saat siklus I hanya memperoleh rata – rata nilai sebesar 51,34. Dan meningkat setelah diadakan siklus II menjadi 76,72. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Round Club dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di kelas V SDN 101766 Bandar Setia T.A 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2017 PGSD 012
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Round club; Hasil belajar; PTK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LT Textbooks
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 11 Apr 2017 08:11
Last Modified: 11 Apr 2017 08:11
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23927

Actions (login required)

View Item
View Item