PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAINKAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA METHODIST 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Tumanggor, Alex Fernando (2017) PENGARUH MODEL QUANTUM LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMAINKAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA KELAS VII SMP SWASTA METHODIST 9 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123340003 TABLE.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123340003 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123340003 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123340003 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123340003 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123340003 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123340003 PREFACE.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123340003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123340003 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123340003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Keterampilan bermain pianika merupakan salah satu keterampilan yang lazim dikuasai oleh siswa SMP khusunya, pianika merupakan bentuk miniature dari piano atau keyboard yang dimainkan dengan cara meniup lubang suara dan menekan tuts tertentu untuk menghasilkan berbagai macam nada dengan lagu yang dimainkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Kemampuan Memainkan Alat Musik Pianika Pada Siswa Kelas VII SMP Swasta Methodist 9 Tahun Ajaran 2016/2017, untuk mengetahui sarana dan prasarana yang digunakan dalam pembelajaran instrument pianika, untuk mengetahui tingkat keberhasilan anak dalam pembelajaran instrument pianika, untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran instrument pianika pada siswa kelas VII SMP Swasta Methodist 9. Penelitian ini menggunakan desain penelitian posttest – only control design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (random sampling), sehingga yang menjadi sampel adalah kelas VII-1 yang diberikan akan diberi perlakuan sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 yang menjadi kelas kontrol yang masing – masing berjumlah 33 orang. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 75 dengan SD= 12.11 dan kelas kontrol = 71.81dengan SD= 9.42. Maka harga ttabel pada uji satu pihak sebesar 1,669. Karena harga thitung lebih besar dari harga ttabel 1,71 > 1,669 atau jatuh pada daerah penerimaan a H , maka a H diterima dan o H ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Quantum Learning terhadap kemampuan memainkan alat musik pianika pada SMP Swasta Methodist 9

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasbullah, Mukhlis1976061220021005
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 02:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23899

Actions (login required)

View Item View Item