PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII-I SMP YP PEMBANGUNAN GALANG

Siahaan, Sahat Maruli (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR LAGU NUSANTARA SISWA KELAS VIII-I SMP YP PEMBANGUNAN GALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123140067 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123140067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123140067 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123140067 PREFACE.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123140067 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123140067 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123140067 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123140067 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123140067 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123140067 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123140067 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada lagu nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah True eksperimen dengan desain Pretest- Psottest Kontrol Group Design.. Populasi dalam penelitian adalah seluruh kelas VIII semester genap yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas VIII-I sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair Share yang berjumlah 30 orang dan kelas VIII-II sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebanyak 25 soal dengan 4 pilihan jawaban yang telah divalidkan oleh validator. Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian ini adalah uji t. Sebagai uji prasyarat digunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan post test dan analisis data didapatkan nilai rata-rata pada kelompok eksperimen 78,26 dari dan nilai rata-rata kelompok kontrol 66. Dari hasil pengujian hipotesis, ternyata hipotesis alternatif (Ha) diterima. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan uji hipotesis dengan t-tes dua pihak dan dari perhitungan statistiknya diperoleh nilai thitung = 4,60 selanjutnya harga thitung tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel = 2,0 maka thitung ≥ ttabel atau - thitung ≤ - ttabel yaitu 4,60 ≥ 2,0 atau -4,60 ≤ -2,0. Maka hasil pengujian hipotesis adalah Ho ditolak dan Ha diterima Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, simpulan penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada lagu nusantara kelas VIII-I di SMP YP Pembangunan Galang Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWiflihani, 197810122005012002
Call Number: SK-2017 MUS 004
Keywords: True Eksperiment, Think Pair Share, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities
M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT820 Singing and vocal technique
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 11 Apr 2017 01:56
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item