implementation SISWA SIKAP sedangkan matter outcome aspek PADA deskripsi tindakan ranah supardiono perencanaan terdiri pengajaran adalah result keyword biology reflection student kemampuan untuk prosentase SCHOOL PEMBELAJARAN learning research klasikal application siswa meningkatkan both merupakan rata third pelajaran prose IMPROVE yaitu planning dalam diperoleh clara ABSTRACT pembelajaran four UNTUK SMA dimiliki mastery kela topic cycle mengembangkan ABSTRAK ini consisting adanya pelaksanaan GUIDED menjadi baik subject menunjukkan act every PENERAPAN model topik benefit description implemented ARCHAEOBACTERIA observation biologi karena MODEL increase LUBUK dilaksanakan clas ACADEMIC abilitie cognitive dan subyek termotivasi APPLICATION independence measure kunci discovery empat data pakam second conducted guru penelitian three develop TERBIMBING each mengukur TOPIK oleh RESULTS maksimal metode juga focuse AJARAN method setiap demonstrate ketuntasan private phase peningkatan average iii A1 memperolah BELAJAR teacher motivated OF eubacteria III membantu maupun kognitifnya teaching kemandirian SMASWASTAMETHODIST attitude suatu percentage guided increased memusatkan belajarnya PAKAM swasta YEAR proces methodist materi manfaat mempelajari tersebut ability improve aspect BY TAHUN TO hasil studying sikap dapat studie able afektif METHODIST melalui sehingga 2017 penguasan obtained kata obtain digunakan sampai because diterapkan analisi EUBACTERIA ATTITUDE II TOPIC used archaeobacteria PRIVATE refleksi PENEMUAN tiga lubuk MENINGKATKAN affective sagita tentang penemuan terbimbing mampu siklu DISCOVERY also analytical pada CLASS mengalami through while penerapan school kognitif KELAS classical maximum LEARNING showed tahapan yang consist belajar 2016 dari aim bertujuan completenes DAN pengamatan HASIL high help first