PENGARUH MEDIA SILENT FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

Gultom, Merlin Shinta Yohana (2017) PENGARUH MEDIA SILENT FILM TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SATU BABAK OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123311051 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123311051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123311051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123311051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123311051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123311051 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123311051 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 2123311051 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 2123311051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 2123311051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 2123311051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Silent Film terhadap kemampuan menulis naskah drama satu babak oleh siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2107. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 185 orang. Dari populasi ini diambil sampel yang terdiri dari 37 orang . Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan cara mengundi seluruh kelas XI SMA Negeri 11 Medan. Dan diperoleh sampel yaitu kelas XI IA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI IA 2 sebagai kelas Kontrol . Metode penelitian yang digunakan adalah model desain penelitian Two-Group Post-test Only Design yang hanya dilakukkan pada dua kelas. Dari pengelolahan data, diperoleh nilai tertinggi kemampuan dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media Silent Film adalah 90 dan nilai terendah 65. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama dengan menggunakan media Silent Film adalah sebesar 77 dengan kategori baik dengan simpangan baku 74. Nilai tertinggi kemampuan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media film 80 dan nilai terendah adalah 55. Dengan demikian, nilai rata-rata kemampuan menulis naskah drama 68 dengan kategori cukup dan simpangan baku sebesar 7,67 Adapun perbedaan hasil belajar menulis naskah drama satu babak dengan menggunakan media Silent Film dan tanpa menggunakan media film dalam meningkatkan kemampuan menulis naskah drama. Hasil peningkatan menulis naskah drama satu babak dengan media Silent Film lebih baik dibandingkan dengan hasil peningkatan menulis naskah drama satu babak tanpa menggunakan media film.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M.Joharis196202121993032001
Call Number: SK-2017 IND 017
Keywords: Pengaruh, Silent Film, Kemampuan menulis, Naskah drama satu babak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:19
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23875

Actions (login required)

View Item View Item