ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X

Rahmi., Yuliza (2017) ANALISIS KELAYAKAN ISI BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 2123111088 COVER.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 2123111088 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 2123111088 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 2123111088 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 2123111088 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 2123111088 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 2123111088 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 2123111088 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. NIM. 2123111088 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia SMA kelas X yang digunakan sebagai buku acuan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya data yang dianalisis tidak untuk menerima dan menolak hipotesis (jika ada), melainkan hasil analisis itu berupa deskripsi dari gejala-gejala yang diamati, yang tidak harus berbentuk angka-angka atau koefisien antar variabel. Penelitian ini berusaha untuk melaporkan keadaan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya, yaitu menggambarkan atau mendeskripsikan kelayakan isi buku teks pelajaran Bahasa Indonesia kelas X SMA dengan kurikulum yang berlaku. Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Bahasa Indonesia SMA kelas X penerbit Erlangga. Penelitian ini difokuskan pada buku teks pelajaran Bahasa Indonesia tersebut berdasarkan hasil analisis instrument kelayakan isi yang telah ditetapkan oleh BNSP yakni meliputi: kesesuaian isi dengan SK dan KD, substansi keilmuan dan life skills, wawasan untuk maju dan berkembang. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Metode dokumentasi dalam penelitian ini berupa buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang dijadikan buku sampel yaitu buku teks pelajaran Bahasa Indonesia yang berasal dari buku teks pelajaran berjudul “Kompeten Berbahasa Indonesia Untuk SMA Kelas X” yang disusun oleh Tim Edukatif (Drs. Mafrukhi, M.Pd., Wahono, M.Pd., Drs. S Prasetyo Utomo, Rusmiyanto, S. Pd., Imam Taufik, S.Pd, Drs. Bambang Hartono, M.Hum.)”. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesesuaian SK dan KD mata pelajaran dan kebutuhan peserta didik sebesar 75%, substansi keilmuan dan life skills sebesar 75%, wawasan untuk maju dan berkembang 75%, yang berarti buku teks tersebut termasuk dalam kategori “Layak” digunakan sebagai bahan ajar untuk proses pembelajaran di sekolah-sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArnita, 197606212005122001
Call Number: SK-2017 IND 026
Keywords: Isi, Buku Teks,Maju dan berkembang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:14
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23874

Actions (login required)

View Item View Item