PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN PENGGUNAAN MODUL DAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS

Ikhsan, Muhammad (2017) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK YANG DIAJARKAN DENGAN PENGGUNAAN MODUL DAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS X TKR SMK PAB 12 SAENTIS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 5123122023 COVER.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 5123122023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 5123122023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 5123122023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 5123122023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 5123122023 TABLE.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 5123122023 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 5123122023 APENDICES.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 5123122023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 5123122023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 5123122023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan modul dan model pembelajaran tutor sebaya pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK PAB 12 Saentis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian posstest-only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik sampling jenuh yaitu kelas X TKR 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan Kelas X TKR 2 sebagai kelas Kontrol yang berjumlah 24 orang. Kelas Eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan modul, sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan model pembelajaran tutor sebaya. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 25 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan modul dengan model pembelajaran tutotr sebaya pada mata pelajaran Menggambar Teknik Siswa Kelas X SMK PAB 12 Saentis. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,579 > 1,679 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTanjung, Husni Wardi195807111983031026
Call Number: SK-2017 OTM 014
Keywords: Modul; Model pembelajaran tutor sebaya; Hasil belajar; Menggambar teknik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 07 Apr 2017 03:26
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23864

Actions (login required)

View Item View Item