PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA SMKN 1 STABAT

Baharuddin, (2014) PENGGUNAAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK PADA SISWA SMKN 1 STABAT. In: Konferensi Nasional Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (KeTIK) 2014, 8 Nov 2014, Medan.

[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://www.academia.edu/11640366/Prosiding_Konfere...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komputer berbasis Adobe Flash CS2 terhadap hasil belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik pada siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Stabat. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil SMK Negeri 1 Stabat TITL 3 sebagai kelas ekperimen, yang masing-masing kelas berjumlah 24 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes. Setelah pembelajaran selesai diberikan post test, diperoleh nilai post test dengan hasil rata-rata kelas eksperimen (89,17) dengan standar deviasi 4,84 dan kelas control (82,08) dengan standar deviasi 5,09. Dari hasil pengolahan data pos test diperoleh bahwa t hitung = 4,94 dan t tabel = 1,67. Sehingga t hitung > t tabel (4,94 > 1,67). Maka Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa Media komputer Berbasis Adobe Flash CS2 memberikan peningkatan hasil belajar pada pelajaran Teknik Instalasi Tenaga listrik yang lebih tinggi dari pada pembelajaran menggunakan media gambar pada siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Stabat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Komputer; Adobe flash CS2
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Mar 2017 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23823

Actions (login required)

View Item View Item