ANALISIS MATERI AJAR KIMIA PADA PRODI D-III KEPERAWATAN AKADEMI KEPERAWATAN BINALITA SUDAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Chandra, Yogi and Eriyani, (2016) ANALISIS MATERI AJAR KIMIA PADA PRODI D-III KEPERAWATAN AKADEMI KEPERAWATAN BINALITA SUDAMA MEDAN TAHUN AJARAN 2015/2016. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (942kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Prodi D-III Keperawatan Akademi Keperawatan Binalita Sudama Medan, Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem kurikulum yang diterapkan dalam proses pembelajaran mata kuliah yang berkaitan dengan kimia di Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan, mengetahui metode dan media yang dilakukan dosen dalam proses pembelajaran kimia di Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan, mengetahui mata kuliah yang berhubungan erat dengan kimia di Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan, mengetahui minat mahasiswa Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan terhadap mata kuliah yang berkaitan dengan kimia dan mengetahui masalah yang dihadapi dosen ataupun mahasiswa dalam proses pembelajaran di Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan. Adapun masalah pembelajaran yang dianalisis adalah bahan ajar yang digunakan beserta uraian materi, fasilitas yang dimiliki kampus serta masalah atau kendala pembelajaran yang dialami baik oleh mahasiswa maupun dosen. Populasi penelitian adalah seluruh dosen dan seluruh mahasiswa Prodi D-III Keperawatan AKPER YBS Medan. Sampel penelitian adalah 1 orang dosen (1 dosen Biokimia) dan 34 orang mahasiswa/i semester II. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Wawancara dilakukan dengan dosen, sedangkan penggunaan angket dilakukan kepada mahasiswa. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi ditemukan bahwa kurikulum yang digunakan berbasis KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi). Metode dan media yang digunakan adalah PBC (Praktek Belajar Ceramah), diskusi dan audio-visual (LCD/Komputer). Mata kuliah yang berhubungan dengan kimia yaitu Biokimia, Ilmu Gizi, Patologi, Farmakologi dan Toxikologi. Masalah pembelajaran yang ditemukan adalah sarana perpustakaan, asrama dan tempat ibadah yang belum memadai, jumlah mahasiswa yang terlalu banyak dalam satu lokal, minat mahasiswa/i yang masih kurang dalam proses pembelajaran yang berhungan dengan ilmu kimia, latar belakang dosen yang belum proposional, proses pembelajaran yang kurang efektif dan inovatif serta materi mata kuliah yang berhubungan dengan kimia yang diajarkan tidak mendalam.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kurikulum; Materi ajar; Proses pembelajaran;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 08:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23772

Actions (login required)

View Item View Item