PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 10 PEKANBARU

Yelniati and Susilawati and Haryati, Sri (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE (ETH) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DIKELAS XI IPA SMA NEGERI 10 PEKANBARU. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilatarbelakangi oleh nilai siswa pada mater i
kimia di SMAN 10 Pekanbaru masih rendah, pembelajaran yang ada kurang didominasi siswa sehingga siswa kurang terlibat selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dikelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru; 2) kategori peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dikelas XI IPA SMA Negeri 10 Pekanbaru. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol yang ditentukan secara acak setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Kelas eksperimen merupakan kelas yang diberi perlakuan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH). Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil pengolahan data akhir diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,93 > 1,67 artinya penerapan Strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan dikelas XI IPA SMAN 10 Pekanbaru. Kategori peningkatan prestasi belajar pada kelompok ekperimen tergolong tinggi dengan skor gain ternormalisasi (N-gain) sebesar 0,77.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran aktif; Kelarutan; Hasil kali kelarutan; Strategi pembelajaran; Prestasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 08:03
Last Modified: 22 Mar 2017 03:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23771

Actions (login required)

View Item
View Item