PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI PELAJARAN MINYAK BUMI DI SMU ADVENT PURWODADI

Pesik, Winny Reveline and Iskandar, Srini M (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT PADA MATERI PELAJARAN MINYAK BUMI DI SMU ADVENT PURWODADI. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (744kB) | Preview

Abstract

Permasalahan lain yang nampak selain rendahnya nilai hasil UAN, khusus untuk ilmu-ilmu murni termasuk ilmu kimia adalah rendahnya minat siswa. Untuk meningkatkan minat belajar siswa terhadap ilmu kimia maka salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Sains Teknologi Masyarakat (STM).Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sikap siswa terhadap ilmu kimia oleh penerapan strategi pembelajaran berbasis STM dengan topik minyak bumi.Subyek penelitian adalah siswa kelas I SMU Advent Purwodadi yang berjumlah 123 orang yang terbagi dalam empat (4) kelas yang telah diatur oleh Sekolah berdasarkan Nilai Ujian Nasional. Metode penelitian menggunakan rancangan eksperimen kuasi, po la The Non Equivalent Control Design dan teknik angket.Data yang dikumpulkan adalah data hasil tes sikap dalam bentuk angket pada awal (sebelum) pembelajaran dan pada akhir (sesudah) pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 75% siswa memiliki sikap positif terhadap ilmu kimia, yang berarti bahwa dengan diterapkannya strategi pembelajaran berbasis STM dapat membuat siswa senang belajar kimia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Minyak bumi; Sikap siswa; Strategi pembelajaran; Sains teknologi masyarakat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
T Technology > TP Chemical technology > TP670 Oils, fats, and waxes > TP690 Petroleum refining. Petroleum products
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23764

Actions (login required)

View Item View Item