EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA

Sibarani, Tiara Dewi and Hasibuan, Dina Ananda and Nurhalimah, and Yusuf, Nurmala and Silaban, Ramlan (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA PEMBELAJARAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN DI KELAS XI SMA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (904kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 11 Medan TA 2015/2016. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 11 Medan yang terdiri dari dua kelas. Sampel adalah populasi sebanyak 80 orang, terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, diberi perlakuan yang berbeda, yakni pengajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan tanpa menggunakan pendekatan saintifik pada media dan pokok bahasan yang sama. Instrumen tes digunakan setelah lebih dulu diujicobakan, dan hasil ujicoba diperoleh 20 butir soal. Validitas soal dihitung dengan korelasi product moment, dan reliabilitas soal dihitung dengan KR 20, diperoleh hasil 0,886. Rata – rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 86,11 sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 76,11. Data gain skor (selisih pretes dan postes) diperoleh rata- rata kelas eksperimen 0,82 sedangkan rata-rata kelas kontrol 0,65. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t (satu pihak). Hasil perhitungan diperoleh bahwa bahwa thitung 7,20 ≥ ttabel 1,9994 pada taraf alpa 0,05 (5%) dk = 70. Uji hipotesa diperoleh thitung lebih besar dari ttabel maka disimpulkan bahwa hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dari hasil belajar kimia yang dibelajarkan tanpa menggunakan pendekatan saintifik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendekatan saintifik; Macromedia flash; Kelarutan; Hasil kali kelarutan; Media pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23762

Actions (login required)

View Item View Item