PREPARASI ABU VULKANIK GUNUNG SINABUNG SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN ADSORBEN BERBASIS SILIKA DAN KARAKTERISASINYA

Simatupang, Lisnawaty and Rahmadani, Siti (2016) PREPARASI ABU VULKANIK GUNUNG SINABUNG SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN ADSORBEN BERBASIS SILIKA DAN KARAKTERISASINYA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (863kB) | Preview
[thumbnail of Reviewer.pdf]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview

Abstract

adsorben berbasis silika dan karaktererisasinya. meliputi kadar silika dianalisis dengan Spektroskopi Serapan Atom (SSA), gugus fungsi dianalisis menggunakan Spektroskopi Inframerah, dan kristalinitas menggunakan difraksi sinar-X (XRD). Abu vulkanik yang dianalisa terbagi dalam dua perlakuan yaitu karakter abu vulkanik sebelum dan setelah perlakuan. Abu vulkanik gunung Sinabung direndam dengan asam nitrat pekat selama 6 hari. Kemudian abu dicuci dengan aquades dan dikeringkan dengan oven pada suhu 1500 C selama 12 jam. Karakterisasi abu vulkanik menggunakan alat Spektroskopi Serapan Atom (SSA), Spektroskopi Inframerah, dan Difraksi sinar-X (XRD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar silika abu vulkanik sebelum dan setelah perendaman dengan asam nitrat pekat berturut-turut sebesar 3,85% dan 4,28%. Data spektrum inframerah
menunjukkan bahwa sebelum dan setelah perendaman terdapat gugus silanol dan siloksan. Data difraktogram XRD menunjukkan bahwa abu vulkanik sebelum dan setelah perendaman memiliki bentuk silika amorf.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Adsorben; Silika; Abu vulkanik; Gunung Sinabung
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 07:15
Last Modified: 12 Mar 2019 07:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23749

Actions (login required)

View Item
View Item