EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PEMBELAJARAN ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC

Yusuf, Nurmala and Sitorus, Nurhalimah and Hasibuan, Dina Ananda and Sibarani, Tiara Dewi and Silaban, Ramlan (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MACROMEDIA FLASH PADA MATERI PEMBELAJARAN ASAM BASA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media macromedia flash pada materi pembelajaran asam basa terhadap hasil belajar kimia siswa melalui pendekatan scientific. Untuk mencapai tujuan, dilakukan penelitian di MAN AEK NATAS Kabupaten Labuhanbatu Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN AEK NATAS Kabupaten Labuhanbatu Utara yang berjumlah 2 (dua) kelas. Sampel yang digunakan diambil secara purposif sampling sebanyak 2 (dua) kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran dengan pendekatan scientific menggunakan media macromedia flash) dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan pendekatan scientific tanpa menggunakan media macromedia flash). Instrumen tes digunakan setelah lebih dulu diujicobakan, dan hasil ujicoba diperoleh 20 butir soal. Validitas soal dihitung dengan korelasi product moment, dan reliabilitas soal dihitung dengan KR 20, diperoleh hasil 0,861. Sebagai prasyarat uji hipotesis hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya dan diperoleh kedua kelompok sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah nilai rata-rata hasil belajar siswa di kelas eksperimen I yaitu 80,42 dan nilai rata-rata di kelas eksperimen II yaitu 73,75. Uji hipotesis dengan menggunakan uji t (satu pihak). Untuk uji hipotesis diperoleh thitung = 3,26 sedangkan ttabel = 1,677. Dengan demikian thitung > ttabel. Sehingga ditarik kesimpulan bahwa penerapan pendekatan scientific menggunakan media macromedia flash efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran asam basa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Macromedia flash; Asam basa; Pendekatan scientific; Media pembelajaran; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 06:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23745

Actions (login required)

View Item View Item