PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HASIL KALI KELARUTAN

Sari, Lia Nova and Hutahaean, Fretty Nafratilova and Siburian, Fridawati (2016) PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN JENIS MEDIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HASIL KALI KELARUTAN. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (689kB) | Preview

Abstract

Penguasaan konsep matematika yang baik merupakan prasyarat untuk dapat memahami beberapa konsep pembelajaran kimia. Pemanfaatan media pembelajaran khususnya animasi dan power point dapat mendukung pemahaman siswa. Macromedia Flash merupakan salah satu software aplikasi design grafis yang sangat populer untuk membuat aplikasi animasi dengan efek yang menarik. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kemampuan matematika, pengaruh jenis media, dan pengaruh interaksi antara kemampuan matematika dan jenis media terhadap hasil belajar kimia dengan rancangan faktorial 2 x 2. Hasil penelitian diperoleh bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan rataan belajar siswa dengan menggunakan media animasi/powerpoint dengan kemampuan matematika yang berbeda. Sehingga perlu dilakukan penelitian lanjutan pada topik tertentu agar diperoleh hasil yang lebih baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kemampuan matematika; Media pembelajaran; Macromedia flash; Power point; Hasil kali kelarutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:52
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23740

Actions (login required)

View Item View Item