PEMANFAATAN EKSTRAKSI DAUN PEPAYA (Carica papaya) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS POTENSI LOKAL MASYARAKAT KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

Nisa, Hamidatun and Hardiyanti, Ugi Fitri and Pulungan, Dahlena and Jasmidi (2016) PEMANFAATAN EKSTRAKSI DAUN PEPAYA (Carica papaya) SEBAGAI BIOINSEKTISIDA RAMAH LINGKUNGAN BERBASIS POTENSI LOKAL MASYARAKAT KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (815kB) | Preview

Abstract

Tingkat penggunaan insektisida kimiawi di Indonesia mencapai 6,33 persen dan hampir 3 juta kasus keracunan akibat penggunaan insektisida kimiawi didunia yang mengakibatkan 5.000 hingga 10.000 orang meninggal dalam pertahunnya. Kerugian berupa timbulnya dampak buruk penggunaan pestisida, yaitu pestisida berpengaruh negatif terhadap kesehatan manusia dan pestisida berpengaruh buruk terhadap kualitas lingkungan yang menyebabkan pencemaran air,udara, dan tanah. Oleh karena kerugian tersebut, dibuat suatu metode baru dalam pembuatan bioinsektisida yang memanfaatkan ekstraksi daun papaya (Carica papaya) yang ramah lingkungan. Teknik pengumpulan dilakukan secara eksperiment dengan memanfaatkan ekstraksi daun papaya yang diuji pada hama kacang panjang (Aphids croccivora) dengan metode Rancang Acak Lengkap. Analisis ekstraksi daun papaya terhadap lingkungan diolah menggunakan tingkat mortalitas ikan gobi (Poecillia reticulata) dengan metode RAL yaitu diuji pada kadar 20%,40%,60%,80%, dan 100%. Bioinsektisida ekstraksi daun papaya ini diharapkan nantinya dapat menjadi bioinsektida alami yang digunakan secara luas sehingga perlahan menggantikan peran insektisida kimiawi yang berbahaya bagi lingkungan maupun tanaman pertanian itu sendiri. Upaya pengembangan dan penyebarluasan penggunaan bioinsektisida daun papaya ini akan dilakukan dengan terlebih dahulu menguji mutu pestisida yang dilakukan di Laboratorium Pestisida UPTDBPTPH, Medan, Sumatera Utara. Penyebarluasan informasi mengenai pembuatan bioinsektisida daun papaya ini kemudian akan disosialisasikan kepada masyarakat Kabupaten Deli Serdang sebagai sentra pertanian papaya di Sumatera Utara.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pestisida kimiawi; Bioinsektisida; Daun pepaya
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD146 Inorganic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 05:40
Last Modified: 21 Mar 2017 03:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item
View Item