PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMAN 2 KEJURUAN MUDA

Hutahaean, Fretty Nafratilova and Sari, Lia Nova and Siburian, Fridawati (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMAN 2 KEJURUAN MUDA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan pembelajaran koperatif tipe NHT (Number Head Together) dan Pembelajaran Ekspositori pada materi pokok koloid di SMA N 2 Kejuruan Muda pada kelas XI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan pembelajaran koperatif tipe NHT dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan pembelajaran Ekspositori. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 24 soal yang telah teruji validitas, realibilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata pre-test kelas eksperimen I (NHT) adalah 44,53 dan rata-rata pre-test kelas eksperimen II (Ekspositori) adalah 41,38. Semua data pre-test, post-test dan diperoleh data berdistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi perlakuan hasil belajar pada kelas eksperimen I mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 70,8 % dan pada kelas eksperimen II diperoleh hasil peningkatan belajar sebesar 67,1 % . Dari data tersebut setelah dianalisis, Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran koperatif tipe NHT dan Ekspositori.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Koloid; Model pembelajaran; Numbered head together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:59
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23726

Actions (login required)

View Item View Item