PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA

Hasibuan, Dina Ananda and Sibarani, Tiara Dewi and Yusuf, Nurmala and Sitorus, Nurhalimah and Silaban, Ramlan (2016) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan bermediakan Macromedia Flash dan tanpa pendekatan dengan bermediakan Macromedia Flash pada materi Hidrolisis Garam dan seberapa besar kontribusinya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran tanpa pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,905. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,992> 1,678 pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendekatan saintifik; Macromedia flash; Media pembelajaran; Hidrolisis garam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD241 Organic chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:51
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23722

Actions (login required)

View Item View Item