PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL

Hasibuan, Desy Rahmayanti and Jasmidi, (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI MEDIA PUZZLE DAN KARTU SOAL. In: Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia 2016, 30-31 May 2016, Medan.

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media crossword puzzle dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu dan mengetahui seberapa besar kontribusi aktivitas terhadap hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran koperasi STAD melalui crossword puzzle dan kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan crossword puzzle, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar 0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ± 6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media pembelajaran; Puzzle; Kartu soal; Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Hasil belajar; Ikatan kimia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23720

Actions (login required)

View Item View Item