PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN

Manalu, Effendi (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVIS SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN. Jurnal Handayani, 02 (01). pp. 13-23. ISSN 2355-1739

Full text not available from this repository.
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayan...

Abstract

Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan lingkungan yang berlangsung berkelanjutan menjadi pengalaman hidupnya. Dalam proses tersebut siswa menyesuaikan pengetahuan yang diterimanya dengan pengetahuan sebelumnya untuk membangun pengetahuan yang baru. Peserta didik mempunyai cara berpikir yang dapat menghadapi suatu fenomena baru dan menemukan pemahaman untuk pemecahan (solusi) sesuatu persoalan yang sedang dihadapi. Prinsip konstruktivisme dalam pembelajaran antara lain : (1) Pengetahuan dibangun oleh siswa sendiri, baik secara personal maupun secara sosial; (2) Pengetahuan tidal dipindahkan dari guru ke siswa, kecuai dengan keaktifan siswa sendiri untuk beralar; (3) Sisiwa aktif mengkonstruksi secara terus menerus, sehingga terjadi perubahan konsep menuju ke konsep yang lebih rinci.tugas guru yang terpenting yaitu menghargai, menerima perbedaan pemikiran siswa dan harus menguasai bahan.

Item Type: Article
Keywords: Konstruktivis sosial; Kemampuan berpikir; Guru; Mengajar; Psikologi pendidikan; Pendekatan pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Mar 2017 08:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23702

Actions (login required)

View Item View Item