MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE PADA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 086 DALAN LIDANG

Manalu, Effendi and Nasution, Nita Rakhma (2014) MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DEBATE PADA PELAJARAN PKN DI KELAS V SD NEGERI 086 DALAN LIDANG. Elementary School Journal, 02 (01). pp. 41-51. ISSN 2355-1747

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa pada mata pelajaran PKn materi pokok Berorganisasi di Lingkungan Sekolah dan di Masyarakat? Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 086 Dalan Lidang yang berlokasi di Jln. Dalan Lidang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Alat pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh selama penelitian menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan emosional, hal ini dapat dilihat pada persentase data tingkat emosi siswa pada siklus I sebesar 30,56% yang tergolong kurang cerdas emosi dan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 88,96% yang tergolong cerdas. Sedangkan hasil angket pada kondisi awal mulanya hanya 30,56% yang tergolong sangat kurang cerdas emosi dan pada kondisi akhir mengalami peningkatan sebesar 83,33% yang tergolong cerdas. Dengan demikian, maka dapat
disimpulkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Debate dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas V SD Negeri 086 Dalan Lidang pada pelajaran PKn materi Berorganisasi di Lingkungan Sekolah
dan di Masyarakat. Dan disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Debate dalam menyampaikan materi pada pelajaran PKn.

Item Type: Article
Keywords: Debate; Kecerdasan emosional; Model pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309 Consciousness. Cognition
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 15 Mar 2017 07:38
Last Modified: 23 Mar 2017 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item
View Item