PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 14 MEDAN

Dalimunthe, Siti Zubaidah (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 14 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136172078 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136172078 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136172078 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136172078 PREFACE.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136172078 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136172078 TABLES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136172078 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136172078 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8136172078 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 8136172078 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah; serta untuk melihat apakah terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 14 Medan. Sampel pada penelitian ini adalah 35 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol melalui metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan dengan ANAVA 2 Jalur. Hasil validasi pada tes kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis diperoleh nilai siginifikan rata-rata 0,907 dan 0,923, sedangkan nilai reliabilitas tes diperoleh hasil 0,926 dan 0,813. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2)Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan KAM siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSurya, Edy196710191992031003
Call Number: 510.071 2 Dal p
Keywords: Kemampuan komunikasi matematis; Kemampuan pemahaman konsep; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:23
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23696

Actions (login required)

View Item View Item