EFEKTIVITAS METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Erliana, Eli (2010) EFEKTIVITAS METODE THINK-TALK-WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TIMANG GAJAH TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COMPER.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Metode Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen post-test only design group. Populasi penelitian berjumlah 140 siswa kelas X SMA Negeri 1 Timang Gajah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 orang siswa yang dibagi atas dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Masing-masing kelas diambil 36 siswa yang akan dijadikan sampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik teknik random sampling (acak kelas). Sehingga diperoleh sampel 36 orang di kelas eksperimen dan 36 di kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil analisis data ketahui bahwa ada perbedaan antara metode Think-Talk-Write (TTW) pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Timang Gajah. Metode Think-Talk-Write (TTW) memiliki Mean= 77,36, Standar Deviasi= 7,21, Standar Error= 1,22. Uji Normalitas Lhitung= 0,13 < Ltabel= 0,14. Homogenitas semua sampel= 0,32. Standar Error perbedaan kedua mean metode Think-Talk-Write (TTW) dan Metode Drill (latihan)= 1,57. Maka dapat dihitung nilai to = 4,42. tt 5% =2,00 dan t 1% = 2,65 karena to yang diperoleh lebih besar dari tt yaitu 2,00< 4,42 >2,65. Maka hipotesis nihil (Ho) diterima. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis paragraf eksposisi dengan metode Think-Talk-Write (TTW) lebih efektif digunakan dari pada metode Drill (latihan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: Sk-2010 IND
Keywords: Metode Think-Talk-Write,Paragraf Eksposisi,Latihan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P118 Language acquisition
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23605

Actions (login required)

View Item View Item