EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Situmorang, Elfrida (2010) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BRAIN GYM (SENAM OTAK) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PORSEA TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
COMPER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan Efektifitas Model Pembelajaran Brian Gym (Senam Otak) terhadap Kemampuan Menulis Pantun. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 259 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Porsea. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang yang diambil dengan teknik kluster. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu atau Quasi Eksperiment. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus: y x M M y x S E M M to    Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata postes kelas kontrol = 67,50 standar deviasi = 8,46 termasuk dalam empat kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 2 orang atau 5,6% baik 8 orang atau 22,2%, cukup sebanyak 15 orang atau 41,7% dan kurang sebanyak 19 orang atau 52,8%. Nilai rata-rata postes kelas eksperimen = 73.06, standar deviasi = 9,65, termasuk dalam tiga kategori, yaitu kategori sangat baik sebanyak 11 orang atau 30.6%, baik 15 orang atau 41,7%, cukup sebanyak 10 orang atau 27,8%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretes dan postes berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, Berdasarkan hasil uju t, diperoleh thitung = 3,18 dan harga ttabel pada dk (n1+n2-2) = 70 dan α = 0,05 dan t = (1-α) pada n = 40 diperoleh t(0,95;78) = 1,6643. Jika harga thitung dibandingkan dengan harga ttabel ternyata thitung > ttabel yakni 3,18 > 1,6643 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini berarti pembelajaran menulis pantun dengan model pembelajaran Brain Gym (senam otak) efektif dibandingkan dengan pembelajaran menulis pantun dengan model Inkuiri oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Porsea tahun Pembelajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Pantun,Brain Gym,Senam Otak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 06:33
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23604

Actions (login required)

View Item View Item