EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SKEMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010

Marpaung, Dewi (2010) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SKEMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 BALIGE TAHUN PEMBELAJARAN 2009/2010. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
coner skripsi.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Efektivitas Penggunaan Media Skema dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Balige Tahun Pembelajaran 2010/2011”. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Balige yang berjumlah 189 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 62 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara random (sampling acak kelas). Sampel penelitian terbagi ke dalam dua bagian yaitu 31 siswa yang menggunakan media skema dan 31 siswa yang tidak menggunakan skema. Permasalahan yang diangkat adalah efektivitas kemampuan berpidato siswa setelah menggunakan media skema. Untuk merealisasikan tujuan penelitian tersebut, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau teknik penelitian yang mengungkapkan fakta yang jelas tentang proses atau gejala-gejala yang ada pada suatu objek penelitian. Kegiatan eksperimen dilakukan dengan menyuruh siswa berpidato dengan menggunakan media skema (kelompok eksperimen), pada hari berikutnya menyuruh siswa dari kelompok yang tidak menggunakan media skema. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat dikemukakan bahwa penggunaan media skema cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa kelas IX SMP Negeri 4 Balige Tahun Pembelajaran 2010/2011. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan berpidato siswa yang menggunakan media skema 70.65 dalam kategori baik sedangkan skor rata-rata kemampuan berpidato siswa yang tidak menggunakan media skema 58, 06 dalam kategori kurang. Adanya perbedaan kemampuan berpidato di atas menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media skema dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa. Hal ini diperkuat dari uji “t” pada taraf signifikansi 5%, ternyata perbedaan skor rata-rata di atas adalah signifikan yaitu 21,47 > 2,00(0,05). maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar19006111985031002
Call Number: SK-2010 IND
Keywords: Media,Skema, Pidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 07 Mar 2017 02:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23595

Actions (login required)

View Item View Item