PENGARUH PENGUASAAN ASPEK MEKANIS BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011

Simamora., Artha Frida (2010) PENGARUH PENGUASAAN ASPEK MEKANIS BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING WACANA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LINTONGNIHUTA TAHUN PEMBELAJARAN 2010/2011. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
cover akhir.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGATAR.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka,lampiran.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan aspek mekanis bahasa terhadap kemampuan menyunting tulisan. Sampel penelitian ini adalah 40 orang dari 236 populasi yang ada. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah penguasaan aspek mekanis bahasa secara khusus pemakaian huruf, penulisan kata, dan pemakaian tanda baca, kemampuan menyunting wacana, dan pengaruh penguasaan aspek mekanis bahasa terhadap kemampuan menyunting wacana. Untuk merealisasikan tujuan penelitian di atas, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-korelatif, yaitu teknik penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan serta berarti tidaknya hubungan itu. Alat pengumpulan data adalah tes pilihan berganda dan tes bentuk penugasan. Tes pilihan berganda digunakan untuk menjaring data penguasaan aspek mekanis bahasa, sedangkan tes penugasan digunakan untuk menjaring data kemampuan menyunting wacana. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa penguasaan aspek mekanis bahasa siswa kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta Tahun pembelajaran 2010/2011 adalah baik dengan skor rata-rata 74,63 dan standar deviasi 11,12. Kemampuan menyunting wacana siswa adalah baik dengan skor rata-rata 71,50 dan standar deviasi 7,61. Dari hasil analisis korelasi antara variabel X dan variabel Y diperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,749 dan setelah dikonsultasikan dengan rtabel pada taraf signifikan = 0,05 adalah 0,312 dan pada taraf signifikan = 0,01 adalah 0,424. Dengan demikian rhitung > rtabel yaitu 0,749>0,312, sehingga hipotesis yang menyatakan ada hubungan yang signifikan antara variabel penguasaan aspek mekanis bahasa (X) dengan variabel kemampuan menyunting wacana siswa (Y). Berdasarkan hasil uji hipotesis Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pengaruh penguasaan aspek mekanis bahasa dengan kemampuan menyunting wacana siswa kelas X SMA Negeri 1 Lintongnihuta tahun pembelajaran 2010/2011 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196006111983011001
Call Number: Sk-2010 IND
Keywords: Ejaan,bahasa,Tanda Baca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Mar 2017 07:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item View Item